Bentuk dan Rasa Bakso Impor Asal Malaysia Sulit Dibedakan dengan Produk Lokal

Jakarta - Produsen bakso asal Malaysia mulai merambah pasar Indonesia di perbatasan Kalimantan, bahkan Sumatera. Mereka sengaja menyesuaikan bentuk dan rasa yang sama dengan bakso buatan lokal agar laku di pasaran.

Direktur Eksekutif National Meat Processors Association Indonesia (NAMPA) atau Asosiasi Industri Pengolahan Daging Indonesia Haniwar Syarif mengatakan, tidak ada perbedaan yang mencolok antara bakso impor Malaysia dan Indonesia. Haniwar mengatakan, bentuk dan rasa keduanya sama.


"Saya pernah lihat bentuknya sama persis, rasanya bagus juga," kata Haniwar kepada detikFinance, Kamis (17/10/2013).


Haniwar mengatakan yang bisa membedakan bakso impor asal Malaysia adalah pada kemasannya. Produk bakso Malaysia di pasarkan di wilayah perbatasan Kalimantan dijual dalam kemasan khusus, sehingga jelas tertulis buatan Malaysia.


Ketua NAMPA Ishana sempat mengatakan di wilayah Pontianak, Kalimantan Barat produk bakso dari Malaysia membanjiri pasar. Bahkan, industri bakso dalam negeri sulit masuk untuk menggeser bakso-bakso dari Malaysia yang merupakan produk ilegal.


"Sebagian besar masuknya adalah ilegal, akhirnya teman kami harus membuat industri olahan di Pontianak. Dia berharap suatu saat, bakso dari Malaysia bergeser. Yang tadinya masyarakatnya taste Malaysia itu bertahap bisa beralih," kata Ishana.


(zul/hen)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!