Dana Rp 10 Juta Enaknya Dipakai Beli Saham Apa Ya?

Jakarta - Pertanyaan dari pembaca Hidayat Setiawan: Saya baru dapat dana sekitar Rp 10 juta rencananya mau dipakai investasi di saham. Kira-kira saham apa yang cocok untuk jangka panjang dengan uang segitu?

Jawaban:

Pak Hidayat, pertanyaan utamanya adalah berapa dana minimum untuk investasi saham? Jawaban saya adalah Rp 25 ribu saja. Loh kok bisa? Becanda kali nih Pak Danny. Hehehe…. Harga saham termurah di BEI adalah Rp 50/saham. Maka dengan asumsi membeli satu lot saja (yang terdiri dari 500 lembar saham) maka dana yang dibutuhkan hanya Rp 25 ribu (Rp 50 x 1 x 500).


Namun tentunya tidak sesederhana itu bukan? Perlu dipertimbangkan kualitas saham “Gocapers” serta money management.


Untuk menjawab berapa dana minimal yang dibutuhkan untuk berinvestasi di saham saya pikir sangat berkorelasi dengan risk and money management. Maksudnya? Kita jangan berinvestasi di satu atau dua saham saja. Diversifikasi. Kita tidak akan pernah tahu mana saham yang akan naik dan mana yang akan turun. Yang bisa kita lakukan adalah melakukan analisa fundamental dan teknikal untuk melihat PROBABILITAS sebuah saham akan naik atau akan turun.


Berapa banyak harus diversifikasi? Tidak ada aturan yang pasti. Biasanya antara 5 hingga 15 saham. Saya pribadi biasa masuk dengan 3 saham dulu, lalu jika semua naik melewati BEP baru saya tambah maksimal menjadi 5 atau 6 saham.


Nah, katakanlah Pak Hidayat memiliki dana Rp 10 juta dan ingin investasi di 5 saham. Maka masing masing alokasi sekitar Rp 2 juta. Dengan Rp 2 juta maka maksimal harga saham yang bisa dibeli dibawah Rp 4 ribu per saham.


Namun kalau boleh saya sarankan, investasikan dulu ke reksa dana saham hingga memiliki dana lebih. Lebihnya berapa saying tidak ada guidance yang jelas. Namun sebagai patokan, banyak sekuritas di Amerika yang meminta minimal deposit sekitar US$ 2.500 per account. Sehingga kalau kita terjemahkan ke nilai Rupiah dengan asumsi kurs Rp 11 ribu, maka dana yang dibutuhkan sekitar Rp 25 hingga 30 juta.


Semoga membantu.


*) Danny Eugene, Head of Research, PT Mega Capital Indonesia


(ang/ang)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!