Banyak Calon Pembeli Mobil Murah Tak Tahu Soal Regulasi Bahan Bakar

Jakarta - Mobil murah dan ramah lingkungan (low cost green car) mejeng di Trade Expo Indonesia (TEI) 2013. Banyak para pengunjung menyatakan ketertarikannya untuk membeli mobil murah.

Namun kebanyakan para calon pembeli tidak mengetahui soal regulasi pemakaian jenis bahan bakar. Dwi Setyo salah satunya. Pengunjung asal Kota Bekasi, Jawa Barat ini berminat membeli mobil murah jenis Toyota Agya untuk anaknya.


Perlu diketahui mobil murah dan ramah lingkungan (LCGC) diharuskan menggunakan bahan bakar jenis sekelas pertamax dan dilarang menggunakan bahan bakar premium.


"Soal regulasi penggunaan bahan bakar saya tidak mengetahui itu. Saya beelum dengar dan yang saya tahu masih bebas bisa pilih apa saja bahan bakarnya," ungkap salah satu pengunjung yang berminat membeli mobil murah jenis Toyota Agya, Dwi Setyo saat ditemui detikFinance di JIExpo Kemayoran Jakarta, Sabtu (19/10/2013).


Dwi mengaku berminat untuk membeli karena harganya yang murah dan spesifikasi mobil yang cukup lengkap. Di pameran TEI 2013, mobil murah jenis Agya dijual dengan harga Rp 116 juta/unit.


"Harganya murah ya Rp 116 juta itu kompetitif untuk jenis spesifikasi mobil sekelas city car. Mesin 1.000 cc juga sudah dilengkapi air bag, AC dan tape. Bentuk fisik mobilnya sendiri itu fleksibel dan cocok untuk Jakarta yang ramai sama kemacetan," imbuhnya.


Menurut Dwi, mobil jenis Agya yang mempunyai kapasitas mesin 1.000 cc masih bisa menggunakan bahan bakar jenis premium. Dwi mengatakan jika mobil sport dan mobil yang mempunyai kapasitas cc lebih dari 1.500 adalah yang diharuskan menggunakan bahan bakar sekelas pertamax.


"Kalau aturan itu mau dikenakan jangan untuk mobil ini, untuk mobil sport atau mobil yang mempunyai kapasitas mesin di atas 1.500 cc. Ini kan mobil untuk rakyat, kalau yang 1.500 cc itu yang punya orang-orang kaya," cetusnya.


(wij/ang)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!