Produk Makanan RI Banyak Digemari Masyarakat AS

Jakarta - Beberapa produk makanan asal Indonesia banyak dilirik oleh negara Amerika Serikat. Salah satu permintaan yang cukup tajam adalah jenis makanan bihun.

"Bihun potensinya cukup luar biasa ke pasar Amerika Serikat. Permintaannya sangat banyak sekali sampai kita kirim ratusan kontainer per bulannya," ungkap Ketua Gabungan Pengusaha Makanan dan Minuman Indonesia (GAPMMI) Adhi Lukman saat ditemui di Pameran Trade Expo Indonesia di JIExpo Kemayoran Jakarta, Sabtu (19/10/2013).


Adhi tidak mengungkapkan secara detil mengapa Amerika Serikat suka dengan bihun asal Indonesia. Ia menambahkan selain bihun, produk makanan lainnya yang banyak diminta adalah biskuit. Bahkan produk makanan berbasis cengkeh banyak juga diminta.


"Biskuit kita juga banyak yang diminta. Kita gali lebih banyak lagi potensi kita. Lalu yang mengejutkan juga adalah produk turunan dari cengkeh kita yang saat ini menguasai 60% market dunia. Mereka bahkan suplai ke industri makanan besar ke seluruh dunia," imbuhnya.


Beberapa peluang makanan lain juga bisa yang akan meningkat permintaannya adalah cokelat (kakao) dan madu.


"Kita harus bekerjasama untuk terus mengembangkan bisnis dan tentu saja perdagangannya. Beberapa komoditi seperti kakao atau cokelat juga dinikmati. Yang kita belum gali juga adalah madu yang peluangnya cukup besar. Kita perlu gencar lagi tahun depan untuk lebih banyak lagi," cetusnya.


(wij/ang)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!