Ahok Hapus RFID di Jakarta, Pertamina Pasti Rugi

Jakarta -Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta berencana menghapus program Radio Frequency Identification (RFID) di Jakarta. Bila ini terjadi, maka Pertamina pasti rugi.

Wakil Menteri ESDM Susilo Siswoutomo mengatakan, RFID merupakan program dari Pertamina yang dilaksanakan oleh PT Inti (Persero). Pengadaan alat RFID ini adalah dengan uang Pertamina.


"RFID itu kan Pertamina, kalau dihapuskan ya pasti Pertamina rugi," kata Susilo di kantor Kementerian ESDM, Jakarta, Jumat (27/12/2013).


Rencana penghapusan program RFID ini diutarakan oleh Wakil Gubernur DKI Basuki T. Purnama (Ahok). Menteri ESDM Jero Wacik meminta Ahok berdiskusi terlebih dahulu ke Pertamina.


"Saya minta Ahok diskusi dulu dengan Pertamina sebelum mau hapus RFID di Jakarta," kata Jero.


Ahok hari ini menegaskan, akan menghapus program RFID di Jakarta. Alasannya, kendaraan pribadi khususnya pemilik mobil tak pantas menikmati subsidi BBM.


"RFID juga akan saya bikin aturannya untuk tidak pakai. Saya akan hapus RFID! Kita bisa minta dari gubernur," tegas Ahok.


Namun Ahok tak merinci kapan rencananya tersebut bisa terealisasi. Faktanya, kini beberapa kendaraan roda empat di Jakarta sudah terpasang RFID, sempai-sampai ada fenomena antrean pemasangan RFID di Jakarta.


(rrd/dnl)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!