Tol Kebon Jeruk-Ciledug Bisa Dipakai Mulai Hari Ini

Jakarta -Ruas Tol Jakarta Outer Ring Road West 2 (JORR W2) segmen Kebon Jeruk-Ciledug resmi dibuka untuk umum pada hari Jumat 27 Desember 2013 ini. Tol ini bisa mempersingkat jarak tempur dari Ciledug dan Bintaro ke Bandara Soekarno-Hatta begitu juga sebaliknya.

Pasalnya, ruas jalan tol ini tersambung dengan Ruas JORR W1 (Puri Indah-Kamal) dan Jalan Tol Prof Dr Sediyatmo. Diperkirakan akan ada sekitar 30.000 kendaraan per hari yang melewati JORR-W2 Utara segmen Kb Jeruk-Ciledug ini.


Seluruh proses proyek seperti penyelesaian perangkat rambu lalu lintas, pemasangan peralatan di seluruh gardu tol, pengecatan marka jalan, dan landscaping atau pertamanan telah diselesaikan di jalan tol sepanjang 5,8 km ini.


Tol ini juga telah melalui proses uji laik fungsi oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Kementerian Perhubungan. Proyek ini sudah dimulai dikerjakan sejak 21 Oktober 2011 dan terbagi empat paket dengan total investasi Rp 2,2 triliun.


Paket pertama dari Kebon Jeruk-Meruya dikerjakan oleh kontraktor PT Wijaya Karya Tbk (WIKA), sedangkan paket kedua Meruya-Joglo dikerjakan oleh PT Adhi Karya Tbk (ADHI), paket ketiga adalah Joglo-Ciledug oleh PT Waskita Karya Tbk (WSKT).


"Segmen Kebon Jeruk-Ciledug berjarak sekitar 5,8 km inilah yang akan diresmikan pengoperasiannya oleh Menteri Pekerjaan Umum Jumat ini," kata Corporate Secretary Jasa Marga David Wijayatno dalam keterangan tertulis, Jumat (26/12/2013).


Sementara paket keempat adalah Ciledug-Ulujami dikerjakan oleh PT Jaya Konstruksi. Untuk paket keempat, proses pembebasan lahan sudah hampir rampung, tinggal proses pengosongan mengingat banyak lahan yang dibebaskan masih ditempati pemiliknya. Next


(ang/ang)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!