Trust Securities: IHSG Ada Keinginan untuk Rebound

Jakarta -Sempat mengalami pelemahan di awal perdagangan seiring masih adanya aksi jual, laju IHSG jelang akhir perdagangan dapat kembali positif seiring suasana hijau mayoritas laju bursa saham Asia jelang libur Natal.

Pelemahan yang sempat terjadi di awal perdagangan juga terpantau mulai berkurang. Meskipun ada penurunan volume dan transaksi karena kemungkinan pelaku pasar sudah ada yang mulai meninggalkan pasar untuk liburan Natal namun, ada pula sebagian pelaku pasar yang mulai memanfaatkan pelemahan harga-harga saham untuk positioning sehingga memicu aksi beli hingga akhir perdagangan dan berimbas pada berbalik arahnya IHSG di zona hijau. Pembukaan pasar saham Eropa yang positif turut membantu penguatan IHSG. Sepanjang perdagangan, IHSG menyentuh level 4206,64 (level tertingginya) jelang pre closing dan menyentuh level 4174,46 (level terendahnya) jelang akhir sesi 1 dan berakhir di level 4202,83.


Volume perdagangan naik dan nilai total transaksi turun. Investor asing mencatatkan nett sell dengan penurunan nilai transaksi beli dan transaksi jual. Investor domestik mencatatkan nett buy.


Pada perdagangan Jumat (27/12) diperkirakan IHSG akan berada pada support 4162-4189 dan resistance 4210-4218. Berpola menyerupai hammer di atas lower bollinger bands (LBB). MACD masih tertahan uptrend dengan histogram negatif yang mendatar. RSI, William's %R, dan Stochastic mencoba bertahan dari penurunan. IHSG sempat berada di dalam kisaran target support (4138-4175) namun, dapat kembali menguat dan masuk dalam target resisten (4196-4210). Meski peluang window dressing sangat tipis namun, terlihat keinginan IHSG untuk rebound. Diharapkan keinginan ini dapat bertahan pasca libur Natal nanti.


(ang/ang)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!