Bandar 'Uang Sakti' Bitcoin di India Setop Beroperasi

New Delhi -Pedagang atau merchant uang virtual Bitcoin terbesar di India menghentikan sementara operasinya, setelah bank sentral India memperingatkan bahaya dari penggunaan uang virtual tersebut.

Adalah BuySellBitCo.in, bandara yang menutup sementara operasinya tersebut, karena peringatan dari Reserve Bank of India selaku bank sentral di negeri hindustan.


"Kami menghentikan sementara operasi jual-beli Bitcoin sampai kami bisa mendapatkan gambaran jelas dari operasi ini," demikian pernyataan BuySellBitCo.in seperti dikutip dari AFP, Sabtu (28/12/2013).


Bank sentral India memberi peringatan soal bahaya penggunaan Bitcoin, yang bisa digunakan untuk kegiatan jual-beli di internet. Penggunaan Bitcoin mulai populer di India.


"Tidak ada underlying atau dasar dari uang virtual, apapun bentuknya, dan nilai dari uang virtual ini terbentuk lebih karena spekulasi," kata bank sentral India dalam pernyataannya.


Apalagi selama ini memang volatilitas atau pergerakan dari nilai Bitcoin sangat tajam.


Namun, karena pengaturan mata uang ini bukanlah kewenangan dari bank sentral dimanapun, maka tidak ada perlindungan kepada pengguna bila terjadi penipuan.Next


(dnl/dnl)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!