Jero: Kondisi Bandara Cengkareng Sekarang Mirip Gambir

Jakarta -Ekonomi Indonesia yang terus bertumbuh membuat permintaan angkutan umum, termasuk pesawat terbang menjadi terus melonjak. Tak heran bandara makin padat. Ini yang terjadi pada Bandara Soekarno-Hatta di Cengkareng.

Menteri ESDM Jero Wacik mengatakan, dalam 9 tahun masa pemerintahan Presiden SBY, angka pertumbuhan ekonomi naik, kemiskinan turun dari 37,3 juta orang, menjadi 28,07 juta orang.


"Pengangguran juga turun dari 10,5% menjadi 5,9%. Masih ada pengangguran tetapi menurun jauh. Lalu apa urusannya angka itu dengan kita? Dengan pertumbuhan ekonomi kita seperti itu maka keliatan bahwa Bandara Cengkareng sudah mirip dengan (stasiun) Gambir," tutur Jero saat MoU antara Ditjen Hubud dan Ditjen Energi Baru Terbarukan tentang Pemanfaatan Bahan Bakar Nabati Pada Bandara dan Pesawat Udara Secara Berkelanjutan di Gedung Karsa Kementerian Perhubungan Jakarta, Jumat (27/12/2013).


Acara ini juga dihadiri juga Menteri Perhubungan EE Mangindaan, Wakil Menteri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Susilo Siswoutomo, dan Ketua Komisi VII DPR Sutan Bhatoegana. Jero menambahkan, dengan pertumbuhan ekonomi yang tinggi, maka geliat mobilitas manusia dengan pesawat terbang semakin tinggi.


"Orang yang dulu tidak mampu naik pesawat sekarang naik pesawat. Saya juga dulu tidak mampu naik pesawat sekarang hampir setiap hari. Artinya inilah kemajuan bangsa kita," imbuhnya.


Buntutnya adalah, peningkatan permintaan bahan bakar pesawat terbang atau avtur. Jero mencatat setiap tahun permintaan avtur meningkat 18%.


"Buntutnya adalah tanggung jawab ESDM menyediakan itu semua. Avtur naik 18% tahun ini. Begitu nambah penerbangan, nambah juga avturnya," cetusnya.


(wij/dnl)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!