Harga Daging Sapi Mahal, Pedagang Pangkas Ukuran Bakso

Jakarta -Dampak harga daging sapi yang masih mahal hingga Rp 90.000-100.000/Kg di Jakarta, para pedagang bakso terpaksa mengecilkan ukuran produk bakso. Tujuannya agar keuntungan tidak tergerus akibat harga daging yang masih tinggi.

"Harga daging sapi sampai saat ini masih mahal, harga daging sapi segar lokal Rp 90.000-Rp 100.000 per Kg, mahal, seharusnya jauh di bawah itu," kata Wakil Ketua Asosiasi Pedagang Mie dan Bakso (APMISO) Mudjiono di acara Festival Bakso Gratis Untuk Rakyat, di Parkir Timur Senayan, Minggu (29/12/2013).


Mudjiono mengungkapkan untuk mengurangi dampak kerugian akibat harga daging sapi yang mahal pedagang bakso terpaksa mengecilkan ukuran bakso.


"Daging sapi merupakan bahan baku utama bakso, karena harganya mahal terpaksa kurangi ukurannya sedikit, dikecilkan baksonya, karena kalau dicampur daging ayam hasilnya tidak bagus," ungkapnya.


Mudjiono menambahkan agar pedagang bakso juga mendapatkan edukasi yang baik ditengah mahalnya harga daging, para pedagang bakso juga sering mengadakan kumpul atau arisan.


"Di arisan itu kita saling berbagi tips, memberikan edukasi bagaimana bakso yang sehat, bersih dan halal, dan lainnya," ujarnya.


(rrd/hen)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!