Jawa Barat Bakal Jadi Provinsi 'Halal'

Jakarta -Pemerintah Provinsi Jawa Barat terus memperhatikan produk yang dikonsumsi oleh masyarakatnya yang mayoritas muslim.

Gubernur Jabar, Ahmad Heryawan menargetkan pada 2014 Pemprov Jabar akan mendeklarasikan Jabar sebagai provinsi halal.


Heryawan fokus untuk mendukung penuh upaya sertifikasi halal pada berbagai produk yang dihasilkan warga Jabar. Untuk menjadi provinsi halal, setidaknya sekitar 2/3 produk yang ada di Jabar harus sudah bersertifikasi halal.


"Tahun ini ada 600 perusahaan ritel yang mendapatkan sertifikasi halal, tahun depan kita targetkan, 1.500 perusahaan. Selain sehat, produk yang dihasilkan pun harus halal," ujar Heryawan seperti dikutip Rabu (25/12/2013).


Menurut Heryawan, sertifikasi halal diikuti dengan pengembangan bahan baku lokal. Hal itu, sejalan dengan program pemerintah pusat yang mewajibkan perusahaan ritel menggunakan 80 persen bahan baku lokal.


"Jadi selain adanya dukungan permodalan, ada juga sertifikasi halal dan penggunaan bahan baku lokal sehingga daya saing produk lokal Jabar akan semakin tinggi," katanya.


(dru/dru)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!