Gagal Beli Liverpool, Orang Terkaya Singapura Ini Tawar Valencia

Singapura -Keinginan Peter Lim, orang terkaya nomor 10 Singapura untuk membeli klub sepakbola Eropa sangat kuat. Pria berharta US$ 2,05 miliar atau Rp 20 triliun ini pernah gagal membeli klub sepakbola Inggris Liverpool dan sekarang mengincar klub sepakbola Spanyol yaitu Valencia.

Valencia saat ini memang tengah dililit utang 306 juta euro (SGD 530 juta) atau sekitar Rp 4,9 triliun ke bank di Spanyol yaitu Bankia. Bila pembelian terjadi, maka Lim diharapkan bisa menyelesaikan utang tersebut, dan menyuntikkan 50 juta euro ke klub tersebut untuk bisa membeli pemain.


"Lim memiliki hasrat kuat untuk sepakbola. Dia telah mengajukan proposal kepada kami, bahwa dia akan menyelesaikan utang Valencia di Bankia, dan juga akan memberikan investasi signifikan ke klub ini," kata Presiden Valencia Amadeo Salvo dikutip dari AsiaOne, Sabtu (28/12/2013).


Menurut Salvo, Lim memberikan batas waktu hingga 15 Januari 2014 kepada Valencia untuk memutuskan penawaran tersebut. Maksudnya adalah, agar Valencia mendapatkan uang segar guna membeli pemain. Namun Salvo belum mau membuka berapa penawaran yang diajukan Lim.


Pada 2010 lalu, Lim pernah menawarkan uang 300 juta euro (SGD 620,5 juta) atau sekitar Rp 4,8 triliun untuk membeli klub Liverpool, namun pembelian tersebut gagal. Menurut Forbes, saat ini Lim merupakan orang terkaya nomor 10 di Singapura.


Valencia jadi salah satu klub sepakbola yang mengalami masa sulit. Ini antara lain karena tingginya utang-utang yang dimilikinya, sehingga harus menjual pemain-pemain bintangnya.


Aksi Lim ini dilakukan di tengah gencarnya klub-klub sepakbola Spanyol mendekatkan diri dengan fansnya di Asia. Tahun ini, klub seperti Barcelona mendirikan akademi sepakbola di Singapura, Real Madrid juga menggelar 'football camp' di Raffles Institution Singapura.


(dnl/dnl)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!