Terminal Pengepakan Semen dan Pelabuhan Rp 700 Miliar Dibangun di Sulsel

Makassar -Grup Bosowa memulai pembangunan fasilitas terminal pengepakan semen dan pelabuhan senilai Rp 700 Miliar di Barru, Sulawesi Selatan (Sulsel).

Akhir pekan lalu, kelompok Usaha berbasis di Makassar Sulawesi Selatan ini juga meresmikan fasilitas penggilingan semen senilai Rp 1,1 triliun di Maros, Sulsel.


Peresmian fasilitas itu dilakukan oleh Menteri Kordinator Perekonomian Hatta Rajasa hari ini, Kamis (26/12/2013), di Barru dan dihadiri Oleh pendiri Bosowa HM Aksa Mahmud, Chief Executive Officer (CEO) Bosowa Erwin Aksa, jajaran manajemen Bosowa, Muspida Tingkat I Sulawesi Selatan dan Muspida Tingkat II Kabupaten Barru.


Menurut Erwin Aksa pihaknya akan membangun Jetty untuk pengiriman klinker, dermaga kapal atau tongkang, dermaga untuk kapal kecil untuk pengiriman semen, gudang, serta terminal pengepakan semen beserta silo penyimpanan semen.


“Fasilitas ini juga menjadi hub untuk menghindari antrian pembebanan kapal untuk semen dan klinker untuk ekspor. Klinker terutama akan didistribusikan ke stasiun penggilingan lain Bosowa terletak di berbagai pulau lain di Indonesia," kata Erwin dalam keterangan tertulis perseroan Kamis (26/12/2013)


Erwin menambahkan dengan adanya fasilitas ini, akan mendorong perluasan industri di luar Kota Makassar. Fasilitas ini berada sekitar 107 Km sebelah barat Kota Makassar atau 5 km dari Barru Desa di Provinsi Sulawesi Selatan. Dari pabrik Semen Bosowa Maros sekitar 60 km.


Menurut Erwin, nantinya di daerah akan berdiri empat silo semen berkapasitas masing-masing 20.000 ton. Fasilitas ini digunakan untuk menampung semen dari pabrik Semen Bosowa untuk selanjutnya dikirim dengan tujuan antar pulau/ekspor.


“Silo ini dilengkapi peralatan pengemasan semen dan pompa untuk pemuatan semen curah ke kapal,” katanya.


Terdapat juga fasilitas penerimaan dan penyimpanan tertutup seluas 3 Ha untuk menampung batubara, gypsum, dan pasir besi. Masih dilokasi yang sama, Bosowa akan membangun fasilitas penyimpanan dan pengiriman Klinker berupa sebuah silo. Terkait fasilitas pengepakan dan pemuatan Semen, Erwin menjelaskan pihaknya akan akan membangun tiga mesin pengepakan semen.


(zul/hen)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!