Mandiri Sekuritas: IHSG Menguat Dalam Jangka Pendek

Jakarta -Pasar saham Amerika Serikat (AS) masih melanjutkan tren penguatannya, sehari sebelum libur Natal. Kamis dini hari lalu, Dow Jones Industrial Average tercatat menguat +0,75% ke level 16.479,88, sementara S&P 500 naik sebesar +0,47% ke posisi 1.842,02. Sedangkan indeks saham Asia pagi ini juga tidak diperdagangkan, karena menyambut libur Natal. Dari pasar komoditas, harga minyak mentah WTI Crude Oil menguat tipis +0,15% ke level US$99,70 per barel. Sedangkan harga emas Comex turun -0,27% ke posisi US$1.209 per troy ounce pada perdagangan semalam. Dari dalam negeri, transaksi perdagangan saham di Bursa Efek Indonesia (BEI) diproyeksikan sepi, menyusul adanya libur Natal dan Tahun Baru.

Di sisi lain, pergerakan rupiah terhadap dolar AS masih menjadi sentimen utama yang dapat mempengaruhi gerak Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG), ditengah minimnya sentimen positif dalam negeri. Melihat kondisi itu, Analis Teknikal Mandiri Sekuritas memperkirakan IHSG berpotensi rebound setelah pada perdagangan selasa melemah dan kembali membentuk hammer candle yang menunjukkan buyers gain control.


Dalam jangka pendek, IHSG berpotensi membentuk inverted head and shoulders pattern dengan neckline konfirmasi di 4.250. Kisaran IHSG hari ini akan berada dalam support 4.183 dan resistance 4.215/4.230.


(ang/ang)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!