Singapura dan Malaysia Juga Sibuk Perluas Bandara

Singapura -BUMN PT Angkasa Pura I dan II (AP I dan AP II) di Indonesia tengah sibuk memperluas bandara yang mereka kelola, seperti perluasan terminal 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta di Tangerang, Banten oleh AP II.

Selain di Indonesia, negara tetangga seperti Malaysia dan Singapura pun sedang sibuk mempercantik dan memperluas bandara internasional mereka.


Misalnya di Singapura, Changi Airport Group (CAG), pengelola bandara Changi menggelontorkan S$ (SGD) 985 juta untuk memperluas terminal 4 Bandara Changi. CAG telah memberikan kontrak kepada kontraktor asal Jepang Takenaka Corp untuk melakukan proyek perluasan bandara tersebut.


Takenaka memenangkan tender setelah bersaing dengan 5 proposal perusahaan lainnya.


"Takenaka memiliki pengalaman yang bagus dalam konstruksi beberapa bandara besar di Jepang, Timur Tengah, Afrika dan Asia, juga termasuk Terminal 1 dan 2 Bandara Changi," kata CAG dikutip dari thestar, Kamis (26/12/2013).


Konstruksi tersebut akan mencakup pengembangan gedung terminal penumpang seluas 195.000 meter persegi dan direncanakan mampu menampung 16 juta penumpang per tahun. Juga termasuk area parkir terletak di depan gedung terminal yang mengakomodir sampai 1.500 kendaraan.


General Manager Takenaka Shoichiro Shibuta mengatakan perusahaannya akan mulai melakukan proses konstruksi pada triwulan I-2014 dan dijadwalkan rampung pada tahun 2017.


Selain itu, negara tetangga lainnya seperti Malaysia juga tengah mengembangkan bandara baru yakni Kuala Lumpur International Airport 2 (KLIA2) khusus untuk terminal penerbangan berbiaya murah atau Low Cost Carrier (LCC).


UEM Construction Sdn Bhd dan Bina Puri Sdn Bhd, kontraktor utama dalam proyek tersebut akan menyelesaikan proyek tersebut pada 31 Januari 2014. Jarak antara bandara baru (KLIA2) tak jauh dengan bandara utama Kuala Lumpur International Airport (KLIA).


(zul/hen)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!