Rokok Tetap Digandrungi Meski Harganya Terus Naik

Jakarta -Rokok digemari banyak kalangan meski dampaknya buruk bagi kesehatan termasuk pada kondisi keuangan seseorang. Setiap tahun cukai dan harga rokok terus mengalami kenaikan, namun permintaan terhadap rokok terus bertambah.

"Berarti rokok itu masih disukai, konsumsinya itu cukup tinggi. Meningkatnya jumlah penduduk juga meningkatkan konsumsi," kata Direktur Minuman dan Tembakau Kementerian Perindustrian (Kemenperin) Enny Ratnaningtyas kepada detikFinance, Selasa (24/12/2023).


Sampai saat ini tidak diketahui berapa jumlah penduduk Indonesia yang menjadi penghisap rokok aktif. Namun berdasarkan data Pusdatin Kemenperin tahun 2012, produksi rokok di dalam negeri mencapai 311 miliar batang. Angka ini belum termasuk rokok luar negeri yang diimpor masuk ke Indonesia yang jumlahnya mencapai 21 ton.


"Hitung saja kalau 1 batang rokok itu 1 gram, jadi berapa batang itu jadinya," lanjut Enny.


Pemerintah melakukan pengetatan konsumsi rokok karena dinilai merugikan kesehatan, juga berdampak buruk bagi anak-anak di bawah umur. Salah satunya dengan menaikkan cukai rokok, juga untuk meningkatkan pendapatan devisa negara.


Cukai berlaku untuk 3 barang antaralain rokok, minuman beralkohol dan ethyl alkohol untuk keperluan obat-obatan. Dari ketiga produk tersebut rokok adalah komoditas yang paling dominan berkontribusi terhadap penerimaan cukai.


Enny mengatakan, cukai rokok di tahun 2012 mencapai Rp 85 triliun, sedangkan minuman beralkohol hanya berkontribusi sekitar Rp 3,5 triliun hingga Oktober 2013 dari target Rp 3,8 triliun. Sedangkan tahun depan target penerimaan cukai dari minuman alkohol Rp 5,38 triliun.Next


(zul/hen)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!