40% Alumni IPB Pilih Kerja di Luar Bidang Pertanian

Jakarta -Pihak Institut Pertanian Bogor (IPB) menolak anggapan bahwa lulusannya tidak berperan aktif di sektor pertanian, bahkan bekerja di sektor lain.

Direktorat Kajian Strategis Kebijakan Pertanian IPB Suryo Wiyono mengatakan sebagian besar alumni IPB masih berkecimpung atau bekerja di sektor pertanian sebanyak 60%. Sedangkan sisanya 40% memilih bekerja di luar pertanian.


"Kita punya data dari 500 alumni kita yang bekerja saat ini, 60% masih bekerja di sektor pertanian," ungkap Suryo saat berdiskusi lokasi Rumah Makan di kawasan Cikini Jakarta Pusat, Selasa (24/12/2013).


Namun Suryo juga tak menampik ada lulusan IPB yang bekerja di sektor perbankan atau jadi birokrat di pemerintahan. Ia menegaskan setiap tahun lulusan IPB semakin besar berprofesi di sektor pertanian.


"Tetapi banyak lulusan kami yang kerja juga di sektor strategis lainnya. Jurusan kita juga masih sama seperti agronomi. Jadi penurunan minat ke pertanian belum pernah dan tidak terjadi bahkan kompetitifnya semakin besar," imbuhnya.


Ia mengatakan untuk meningkatkan produktivitas sektor pertanian di Indonesia, IPB melakukan banyak hal salah satunya dengan memberikan insentif beasiswa atau semacam modal kepada para mahasiswa.


Nantinya beasiswa ini akan dijadikan modal mahasiswa untuk mengembangkan dan membantu petani yang mereka bina malalui program kerja lapangan. Diharapkan dengan program ini, lebih banyak lagi lulusan mahasiswa IPB yang nantinya akan berprofesi menjadi petani.


"Bagaimana menarik minat menjadi petani untuk mahasiswa kami? Ada insentif dan ada semacam program yang intinya untuk menyematkan negara dari krisis pangan," cetusnya.


(wij/hen)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!