Yunani Mau Keluar dari Uni Eropa, Rupiah Ikut Kena Getahnya

Jakarta -Gejolak ekonomi global kembali terjadi pada awal 2015. Nilai tukar rupiah beserta mata uang negara berkembang kembali melemah terhadap dolar Amerika Serikat (AS).

Halim Alamsyah, Deputi Gubernur Bank Indonesia (BI) mengatakan, faktor utama pelemahan rupiah terhadap dolar AS adalah karena kemungkinan Yunani keluar dari Uni Eropa. Ini menjadi perhatian banyak investor.


"Ada risk off (risiko) dari internasional, karena ada beberapa berita yang menjadi perhatian investor, terutama masalah kemungkinan Yunani keluar dari Uni Eropa, itu yang saya kira dalam beberapa waktu ini mempengaruhi beberapa mata uang dunia termasuk rupiah," ungkap Halim di Gedung Djuanda, Kementerian Keuangan, Jakarta, Rabu (7/1/2015) .


Karena kondisi ini, investor lebih memilih menempatkan dana di tempat yang lebih aman. Atas persoalan ini juga, banyak investor yang mencoba berspekulasi. Sehingga memperburuk keadaan.


"Biasalah selalu ada investor yang mencoba untuk memanfaatkan, kita mencegah yang sifatnya spekulatif," sebutnya.


Sedangkan dari dalam negeri, menurut Halim, fundamental ekonomi cukup terjaga baik. Apalagi setelah adanya kebijakan soal Bahan Bakar Minyak (BBM), dengan mencabut subsidi bensin premium dan menerapkan skema subsidi tetap untuk solar.


"Internal kondisi ekonomi kita masih lebih baik dan jauh lebih sehat," tegasnya.Next


(mkl/dnl)