Jokowi Mau Bangun Kereta, Sambungkan Jakarta-Bekasi-Tangerang-Bogor

Jakarta -Sore ini, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengumpulkan sejumlah BUMN bersama Menteri BUMN Rini Soemarno. Tujuannya adalah membangun transportasi kereta jenis Light Rail Transit (LRT) yang menyambungkan Jakarta-Bogor-Tangerang-Bekasi.

Rini mengatakan, Jokowi meminta BUMN untuk membuat studi soal transportasi yang disebut Rini sebagai light train ini. Sepertinya, program ini menggantikan program PT Adhi Karya Tbk terdahulu, yang ingin membangun monorel dari Bekasi-Cawang, Cibubur-Cawang, dan Cawang-Kuningan.


"Jadi hasil rapat kita bukan bangun monorel, tapi light train. Presiden meminta kita membuat studi itu. Model seperti apa, nanti akan dibahas oleh INKA dan Adhi Karya. Sinergi BUMN kita buat. Nanti juga akan terlibat Jasa Marga, karena akan memakai lahan di atas tol. Ada Wijaya Karya dan Jakarta Propertindo (BUMD DKI)," tutur Rini usai rapat di Istana Negara, Jakarta, Kamis (19/3/2015).


Para direktur utama BUMN hadir, antara lain dari PT Jasa Marga Tbk, PT Adhi Karya Tbk, PT Wijaya Karya Tbk, PT INKA, dan satu dari BUMD Jakarta Propertindo.


Menurut Rini, pembangunan transportasi LRT ini adalah dalam rangka pengembangan transportasi perkotaan terpadu dan terintegrasi, atau istilahnya Inner City Transport. "Jadi itu untuk Jakarta-Bogor, Jakarta-Tangerang, dan Jakarta-Bekasi," imbuh Rini.


Rencana pembangunan transportasi itu masih pemikiran mendasar, jadi akan ada studi mendetil yang dibuat BUMN.


Tujuan transportasi LRT ini adalah, menyambungkan ibu kota Jakarta yang akan memiliki Mass Rapid Transit (MRT), dengan kota-kota di sekitarnya.Next


(dnl/hen)

Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com

Informasi pemasangan iklan

hubungi : sales[at]detik.com