Minyak Ini Diklaim Bisa Menghemat Penggunaan BBM Hingga 25%

Jakarta -Meski harga Bahan Bakar Minyak (BBM) sedang turun, tapi pasokan bahan bakar dunia lambat laun akan habis dan kebutuhan makin meningkat.

Berangkat dari itu, munculah ide pemanfaatan tanaman alami yakni sereh wangi diolah dan diambil minyaknya untuk dicampur dengan BBM.


Minyak sereh wangi bisa dicampur pada BBM, seperti solar dan premium. Dengan campuran minyak sereh wangi, pengguna kendaraan bisa menghemat pemakaian BBM sampai 25%. Minyak ini diklaim telah teruji secara laboratorium.


"Ini sudah uji lab. Ini mampu irit BBM sampai 25%," kata Direktur Produksi PT Pemalang Agro Wangi, Gita Triantika kepada detikFinance di sela pameran produk agro di JCC Senayan, Jakarta, Sabtu (21/3/2015).


Proses penanaman dan pengolahan tanaman sereh wangi berlokasi di Jonggol, Bogor Jawa Barat. Selain bisa memangkas konsumsi BBM, minyak nabati ini mampu mengurangi biaya perawatan mesin dan menaikkan angka oktan.


Untuk pemakaian 1 liter BBM bisa dicampur 1 tetes atau 1 mililiter minyak sereh. Minyak sereh ini dijual dengan merek dagang, Kraftstoff. Gita percaya minyak nabati ini bisa menjadi solusi di tengah keterbatasan sumberdaya dan mahalnya harga minyak ke depannya.


"Permintaan biasanya naik saat harga BBM sedang mahal," ujarnya.


Minyak Kraftstoff tersebut dijual dalam ukuran kecil hingga ukuran drum. Ukuran drum dipakai pada perusahaan tambang di daerah Kalimantan hingga Sumatera. Setiap bulan, PT Pemalang mampu memproduksi rata-rata 5 ton minyak dari bahan sereh wangi ini.





(feb/ang)

Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com

Informasi pemasangan iklan

hubungi : sales[at]detik.com