Ini Dia Sosok Dirut Sementara BRI Pengganti Sofyan Basir

Jakarta -Posisi Direktur Utama PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI) kosong sejak ditinggal Sofyan Basir yang ditunjuk menjadi Direktur Utama PT PLN (Persero). Oleh karena itu, Asmawi Syam dipercaya menggantikan posisi Sofyan Basir sebagai Dirut BRI sementara hingga ditetapkan yang definitif dalam Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) yang rencananya akan digelar Februari 2015.

"Mengacu pada peraturan Bursa Efek Indonesia (BEI) dan Bapepam-LK, sehubungan dengan diangkatnya Sofyan Basir selaku Direktur Utama PLN, bersama ini kami informasikan bahwa sesuai dengan Keputusan Dewan Komisaris BRI telah ditunjuk Asmawi Syam sebagai Pelaksana Tugas Direktur Utama," sebut Corporate Secretary BRI Budi Satria dalam keterbukaan informasi kepada BEI yang dikutip detikFinance, Minggu (4/1/2015).


Jabatan baru Asmawi tersebut akan efektif mulai 2 Januari 2015. Selanjutnya, akan dipilih dirut yang baru pada gelaran RUPS februari 2015 mendatang.


"Berlaku efektif terhitung mulai 2 Januari 2015 sampai dengan ditetapkannya Direktur Utama yang definitif oleh RUPS," ujar Budi.


Asmawi, 58 tahun, masuk jajaran direksi BRI pada September 2007. Memulai karir perbankan di BRI sejak 1980, ia telah menduduki berbagai jabatan manajerial.


Di antaranya adalah Kepala Divisi Bisnis Umum, Kepala Divisi Consumer Banking, Pemimpin Wilayah Bandung, dan Pemimpin Wilayah Denpasar. Saat ini, Asmawi menjabat sebagai Direktur Bisnis Kelembagaan BRI.


Asmawi meraih gelar Sarjana Ekonomi dari Universitas Hasanuddin pada 1979 dan Magister Manajemen dari Universitas Padjadjaran pada 2003. Dia telah mengikuti berbagai pendidikan dan pelatihan di bidang perbankan seperti From State Owned Enterprise to World Class Competitors, Creative, Innovative, and State Owned Firms (Filipina), Card and Payment dari European Financial Management Marketing EFMA (Paris), Restrukturisasi dan Peningkatan Kinerja BUMN (Jakarta), Strategic Leadership dari Mastercard International (Bangkok), World Congress on IT Information (Australia), Asset and Liability Management, Credit Risk Management & International Banking (Brussel), serta SESPIBANK (Jakarta).


(drk/hds)