Jokowi Bangun 'Tol Laut', di Merak Bakal Ada Tol Baru Sepanjang 3 Km

Jakarta -Pemerintah sedang menyiapkan pembangunan tol baru di Merak, Cilegon, Banten dalam rangka mendukung konektivitas di Selat Sunda terkait program 'tol laut' Presiden Jokowi.

Tol baru sepanjang 3 Km ini akan menghubungkan ruas tol Tangerang-Merak yang sudah ada dengan Pelabuhan Merak. Lokasinya dari Tanjung Gerem sampai ke Pelabuhan Merak.


"Kita kan sudah punya tol Tangerang-Merak. Tapi, ujung Tangerang-Merak itu tidak sampai ke Pelabuhan Merak. Nah ini yang akan kita kerjakan," kata Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PU dan Perumahan Rakyat Achmad Ghani Gazali saat dihubungi detikFinance Rabu (7/1/2015).


Rencananya keberadaan tol ini akan memberi akses langsung dari jalan tol menuju pelabuhan. "Jadi nanti begitu tol laut jalan maka konektivitas di daratnya juga sudah tersedia," katanya.


Selain itu, untuk mendukung program tol laut, pemerintah merombak ruas prioritas pada pembangunan tol Trans Sumatera dari semula diprioritaskan di Medan-Binjai (Sumatera Utara) menjadi Palembang-Bakauheni (Sumatera Selatan-Lampung). Alasannya agar pembangunan Tol Trans Sumatera yang dibangun bertahap tak menghasilkan infrastruktur jalan yang terputus-putus.


"Ini nanti kan kita konsepnya tol ke tol. Jadi nanti tol Tangerang-Merak ini akan terus dihubungi sampai ke Meraknya. Kemudian pakai penyeberangan (tol laut) dari Merak ke Bakauheni. Lalu dari penyeberangan ada tol lagi terus sampai Palembang. Lanjut sampai ke Trans Sumatera," ujar Ghani.


Ia menjelaskan bila infrastruktur ini sudah dibangun, maka selain tol Jakarta-Tangerang-Merak (Tanjung Gerem), maka akan ada jaringan tol dari Tanjung Gerem sampai ke Pelabuhan Merak, lalu dihubungkan dengan transportasi laut, selanjutnya akan menyambung ke Tol Bakauheni sampai ke Palembang‎, dan seterusnya.


Sementara itu, Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR Djoko Murjanto menjelaskan, saat ini pihaknya masih menunggu hasil kajian dari tim BUMN yang dibentuk untuk membahas jalan tol menuju Pelabuhan Merak.


"Kita dalam posisi menunggu yang di Merak. Karena di Merak itu kan bentuknya penambahan dermaga, dan kita perlu tahu tambahan dermaga itu di mana saja, apakah sudah cukup dengan akses yang sekarang atau perlu ditambahkan tol dan sebagainya," katanya.


Tol laut merupakan sistem transportasi laut, yang terintegrasi untuk mendukung sistem logistik antar pulau di Indonesia, dengan pemanfaatan kapal-kapal besar. (dna/hen)