RI Punya 1.600 Pulau yang Bisa Jadi Wisata Laut Kelas Dunia Seperti Maladewa

Jakarta -Selain gugusan Kepulauan Anambas, Pulau Pari hingga Gili Gede, Raja Ampat, Indonesia masih punya banyak pulau-pulau indah yang bisa jadi wisata laut kelas dunia seperti 'Maladewa'.

"Ada pulau kecil di Indonesia yang jumlahnya 1.600 pulau berpotensi besar dikembangkan budidaya, pariwisata, wisata bahari seperti Maladewa tadi, penelitian, pertanian hingga peternakan," ungkap Direktur Pendayagunaan Pulau-pulau Kecil Direktorat Jenderal Kelautan, Pesisir, dan Pulau-pulau Keci (KP3K) KKP Rido M. Batubara kepada detikFinance, Kamis (8/01/2015).


Sayangnya para investor masih enggan berinvestasi di 1.600 pulau tersebut. Alasannya adalah minimnya fasilitas infrastruktur seperti dermaga yang disediakan pemerintah.


"Tetapi kalau investor tidak mau ke sana bagaimana? Sehingga konektivitas penting seperti bandara dan dermaga penting sebagai hub. Misalnya ada satu pulau khusus sebagai bandara dan dermaga sebagai hub yang memudahkan menghubungkan pulau-pulau kecil itu," paparnya.


Menurut catatan Rido, jumlah pulau di Indonesia cukup banyak mencapai 17.504 pulau. Dari jumlah itu 13.466 pulau sudah didaftarkan ke Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Sedangkan dari 17.504 pulau, 92 adalah pulau terluar dimana 31 pulau berpenduduk dan 61 pulau tidak berpenduduk.


"Jadi potensi kita cukup besar untuk mengembangkan pulau 'Maladewa'," jelasnya.


(wij/hen)