Boeing dan Airbus Bertarung Rebut Pelanggan di Paris

Paris - Dua produsen pesawat terbesar dunia, yaitu Airbus asal Prancis dan Boeing asal AS, bertarung untuk menggaet pembeli di pameran penerbangan terbesar dunia yaitu Paris Air Show.

Airbus lebih dulu ingin menarik perhatian sebelum pameran berlangsung, dengan melakukan penerbangan perdana pesawat terbarunya yaitu A350 pekan lalu, dan berakhir sukses.


Lewat A350 ini, Airbus ingin menguasai sektor pesawat berbadan panjang, setelah sebelumnya menguasai pesawat ebrbadan sedang, dan juga pesawat berkapasitas 150 penumpang. Pesawat A350 ini akan dipertontonkan dalam Paris Air Show, untuk langsung dapat menarik pembeli.


Pihak Airbus berharap A350 bakal banyak dipesan oleh pembeli. Pesawat terbaru ini ditargetkan bisa dikirim perdana ke pelanggan pada akhir 2014. Saat ini yang sudah memesan pesawat baru ini adalah Qatar Airways, British Airways, dan Cathay Pacific.


Boeing sebagai rival utama Airbus juga akan gencar menawarkan pesawatnya di pameran terbesar di dunia ini. Meskipun saat ini Boeing tengah mengalai masa sulit karena berbagai insiden dan masalah yang dihadapi oleh 787 Dreamliner.


Masalah teknis dengan baterai yang gampang panas, sempat membuat Dreamliner dilarang terbang di seluruh dunia untuk diinvestigasi. Namun, Boeing akan tetap memamerkan Dreamliner di acara ini. Pelaku industri penerbangan dunia juga berharap Boeing akan meluncurkan pesawat 787-10X, yang merupakan versi lebih panjang dari Dreamliner, dengan kapasitas 330 penumpang.


Boeing juga diberitakan segera mengumumkan versi baru pesawat 777 pada bulan depan, dengan sayap yang dibuat lebih irit bahan bakar. Bos Boeing yakni Ray Conner mengatakan, akan terjadi kompetisi hebat antara Boeing dan Airbus di dunia penerbangan.


"Saya pikir kami mempunyai produk yang lebih bagus, dan kami berharap menang dalam kompetisi ini," kata Conner Dikutip dari AFP, Senin (17/6/2013).


Pesawat Airbus A350 mempunyai posisi di antara Boeing 777 dan 787. Lewat A350, Airbus berharap melibas dua pesawat ini. Airbus mengklaim, A350 lebih irit bahan bakar 6% dari 787 dan lebih irit bahan bakar 25% dibandingkan 777.


Paris Air Show ke-50 ini akan dilaksanakan pada 17-23 Juni 2013. Ini bukan saja pertarungan antara pesawat-pesawat komersial, namun juga akan diperlihatkan pesawat-pesawat militer. Pameran ini menargetkan 350 ribu pengunjung.


(dnl/dru)