Bos Partai Komunis Dorong Pengusaha China Bangun Zona Ekonomi di Indonesia

Jakarta - Pemerintah Indonesia dan China sedang menyiapkan suatu kawasan ekonomi terpadu atau trade and economic zone di Bekasi, Jawa Barat yang akan dimasuki oleh 30 investor China. Rencanan ini didukung oleh Sekretaris Partai Komunis China (PKC) Peng Qinghua hari ini usai bertemu Presiden SBY.

"Kami mendorong pengusaha mendirikan zona ekonomi di Indonesia sebaliknya membuka apabila pengusaha Indonesia bersedia untuk membuka zona ekonomi di (Provinsi) Guangxi," kata Peng usai bertemu Presiden SBY, di Istana Negara, Senin (17/6/2013)


Peng menuturkan, Provinsi Guangxi secara geografis sangat dekat dengan Indonesia. Saat ini kelompok usaha di negaranya sedang membangun satu kerja sama pembangunan zona ekonomi di Bekasi, ada 30 perusahaan China maupun luar negeri yang akan masuk ke zona tersebut.


"Yang bersama dengan delegasi saya ada juga pengusaha mereka akan mengadakan pembicaraan dengan kalangan pengusaha Indonesia dalam bidang energi pertambangan, pertanian. Tadi waktu bertemu dengan Pak Presiden SBY memberi saran agar kerjasama bisa dilancarkan semua bidang," katanya.


Menurut Peng, persahabatan antara China dan Indonesia sudah bersejarah lama. Sehingga kerjasama-kerjasama di bidang ekonomi maupun budaya sangat penting.


"Sebagai dua negara yang besar, ekonomi Indonesia maupun China pada tahun-tahun terakhir berkembang pesat dan ruangan kerja sama untuk kedua negara juga terbuka luas," katanya.


(hen/dnl)