Kapan Harga BBM Naik? Jero: Paling Lama Seminggu Lagi

Jakarta - Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Perubahan (APBN-P) 2013 telah disepakati semalam oleh DPR setelah melalui rapat yang alot. Paket kompensasi untuk rakyat miskin dalam APBN-P 2013 telah disetuji, lalu kapan harga BBM subsidi naik?

Menteri ESDM Jero Wacik mengatakan, kenaikan harga BBM subsidi masih belum akan berlaku hari ini. Harga BBM subsidi akan naik paling lama dalam seminggu lagi.


"Pikiran saya paling lama satu minggu. Pokoknya harus bulan ini. Kalau tidak bulan ini nanti kehilangan momentum, karena ada administrasi, nanti siang ada sidang kabinet terbatas. Nanti saya dengar perintah dari presiden," kata Jero di Hotel Grand Hyatt, Jakarta, Selasa (18/6/2013).


Sebelumnya, pemerintah mengatakan harga BBM subsidi yakni premium menjadi Rp 6.500/liter dan solar Rp 5.500/liter akan segera naik setelah APBN-P 2013 disepakati. Namun ternyata pemerintah masih harus mengurus administrasi perubahan anggaran yang tertuang dalam APBN-P 2013 tersebut. Paket kompensasi yang disepakati adalah termasuk bantuan langsung sementara masyarakat (Balsem) Rp 150 ribu/bulan selama 4 bulan untuk 15,5 juta keluarga miskin.


"Era sekarang tidak seperti zaman dahulu. Enak sekali zaman itu, putuskan malamnya, naik besoknya. Sekarang tidak bisa. Tidak bisa ketok palu (APBN-P 2013) langsung kita umumkan. Harus ada administrasi dulu, sabar sedikit beberapa hari. Yang penting ada pengumuman dari pemerintah," papa Jero.


(dnl/ang)