Jelang BBM Naik, Pertamina Tak akan Batasi Pembelian BBM Subsidi

Jakarta - PT Pertamina (Persero) memastikan tak akan membatasi pembelian BBM subsidi jelang kenaikan harga BBM subsidi. Meskipun ada potensi masyarakat membeli BBM secara berlebihan (rush).

Berdasarkan pengalaman sebelumnya pada malam jelang kenaikan harga BBM, masyarakat berupaya membeli BBM subsidi secara berlebihan. Sehingga kerap menimbulkan antrean kendaraan di setiap SPBU.


"Berdasarkan pengalaman-pengalaman jelang kenaikan harga BBM subsidi, memang ada peningkatan pembelian BBM subsidi, namun kita tidak akan melakukan pembatasan BBM subsidi, semua pelayanan pembelian normal tidak ada perubahan," ujar Senior Vice President Fuel Marketing & Distribution Pertamina Suhartoko, ketika dihubungi detikFinance, Minggu (16/6/2013).


Ia menegaskan PT Pertamina tidak akan mengeluarkan kebijakan membatasi pembelian BBM subsidi. Dikatakan Suhartoko, Pertamina pun belum tahu kapan keputusan kenaikan harga BBM subsidi dilakukan oleh pemerintah. "Bisa tiga hari setelah paripurna, bisa awal Juli, bisa setelah Lebaran, kita tidak pernah tahu kapan jadinya harga BBM naik," ucapnya.


Menurut Suhartoko, pihaknya hanya menunggu proses di DPR Senin besok terkait Paripurna memutuskan mengesahkan RAPBN Perubahan 2013.Pada Selasaa Wakil Presiden Boediono akan memimpin sosialisasi kenaikan harga BBM.


(rrd/hen)