Apa Keuntungan Berinvestasi di Patungan Usaha Yusuf Mansur?

Jakarta - Ustadz kondang Yusuf Mansur membuat usaha bersama yang ia sebut dengan Patungan Usaha (PU) dan Patungan Aset (PA). Apa keuntungan yang bisa didapat nasabah dari investasi ini?

"Untung banget yang ikut Patungan Usaha saya. Punya duit Rp 12 juta lu taruh di bank nggak jadi apa-apa. Tapi kalau di kita ada satu ownership. Masyarakat taruh di PU, kemudian PU taruh di hotel," katanya ketika diwancarai Majalah Detik di Edisi 80 seperti dikutip, Kamis (18/7/2013).


Program PU dilakukan dengan cara mengumpulkan dana masyarakat di satu rekening, jadi semacam trust fund, yang nantinya dana yang terkumpul diinvestasikan di satu atau beberapa tempat supaya menghasilkan keuntungan.


Yusuf sudah membeli hotel di dekat Bandara Soekarno-Hatta dalam program PU tahap pertama. Dari hotel ini, kata dia, nasabah akan dapat keuntungan 8% tiap tahunnya.


"Masyarakatlah yang punya hotelnya. Ada ownership di sana. Kalau setelah 10 tahun balik duit, masyarakat tetap punya hotel. Kalau kepepet, jual dibagi rata," ucapnya.


"Sepuluh tahun itu dapat rate dari berjalannya hotel. Kita tetapkan up and down 8%. Kalau ada lebihnya, masuk ke pesantren. Umpama dari Horison (hotel yang digandeng Yusuf) untungnya 12%, nah 4% masuk pesantren seluruh Indonesia. Kalau kurang, nasib para investor," ucapnya.


Selain itu, Yusuf juga memasang asuransi untuk investasinya ini. Jadi setiap dana nasabah yang masuk, minimal Rp 12 juta, sebanyak 10% dipotong untuk asuransi.


"Itulah kenapa ada program money back gurantee. Bukan dari hotelnya, tapi dari asuransi," jelasnya.


(ang/dnl)