Seperti Apa Kesejahteraan Sebuah Negara di Mata Jusuf Kalla?

Yogyakarta - Mantan Wakil Presiden RI Jusuf Kalla (JK) berbicara mengenai kesejahteraan sebuah negara. Ia menilai negara yang sejahtera bukan mutlak melalui kekayaan sumber daya alam saja.

Menurut JK negara yang sejahtera juga bukan ditentukan oleh sistem politik yang dianut. Jepang dan Korea tidak kaya sumber daya alam tapi mereka maju.


"Singapura dan Cina bukan negara demokrasi tapi juga bisa maju begitu juga dengan Jepang dan Korea tidak kaya sumber daya alam tapi mereka bisa maju," kata JK dalam Kuliah Ramadan di Masjid Salahuddin UGM, Yogyakarta, (21/7/2013).


Dijelaskannya lebih jauh, demokrasi bukanlah tujuan bagi bangsa ini, tapi hanyalah alat untuk mencapai kesejahteraan rakyat secara merata. Sumber daya alam jika tidak diolah dengan baik tidak akan memberikan nilai tambah bagi rakyat.


"Negara yang ingin maju harus mampu menggerakan semua potensi yang dimiliki untuk kemajuan. Singapura tidak punya apa-apa, tapi Singapura menjadi kawasan pelabuhan paling strategis di dunia," imbuhnya.


Menurutnya juga, kesejahteraan suatu bangsa pasti didukung oleh kepemimpinan yang kuat yang menggerakan seluruh potensi sebuah bangsa.


"Pemimpin yang baik adalah pemimpin yang punya visi jelas, bagaimana dia bisa melihat arah pergerakan bangsanya ke depan. Misalkan bagaimana harus swasembada beras, suplai daging sendiri dan lain-lain," terang JK.


JK juga menegaskan pemimpin itu harus siap mengambil keputusan yang populer dan tidak populer. "Misalkan kalau kenaikan BBM, pemimpin yang baik harusnya maju walau tidak populer. Karena ini sebenarnya untuk kesejahteraan rakyatnya," ujar JK.


Pada kesempatan itu hadir pula mantan Walikota Yogyakarta 2001-2011 Herry Zudianto. Herry mengatakan bahwa pada 2014 Indonesia harus punya pemimpin yang memiliki gaya kepemimpin yang tegas dan dapat menyelesaikan masalah secara cepat dan tepat.


"Ya harus ada pemimpin yang bisa atasi masalah bangsa dengan cepat dan baik, lebih cepat lebih baik tentunya," tandas Herry.


(dru/dru)