Kisah Seorang Bapak Antre dari Jam 6.30 Pagi Demi Tukar Uang di Monas

Jakarta - Bank Indonesia (BI) menyediakan lokasi penukaran uang yang bekerjasama dengan 11 bank di halaman Monumen Nasional (Monas). Antusiasme warga untuk menukarkan uang sebagai persediaan lebaran cukup tinggi.

Nababan, warga Tanjung Priok mengaku telah hadir di lokasi sejak pukul 06.30 WIB. Ia mengaku datang lebih cepat agar mendapatkan antrian pertama.


"Saya dari jam setengah tujuh. Sengaja mau tukar uang ke sini. Saya dari Tanjung Priok. Ke sini dari jam enam, kan 30 menit," ujarnya kepada detikfinance, Kamis (18/7/2013)


Ia berencan menukarkan uang sebanyak Rp 3,7 juta, yaitu sesuai paket yang ditetapkan BI. Nababan sudah siap dengan uang tunai untuk ditukarkan nantinya.


"Satu paket Rp 3,7 juta. Pecahan 20 ribu senilai Rp 2 juta, 10 ribu senilai Rp 1 juta, lima ribu senilai Rp 500 ribu dan dua ribu senilai Rp 200 ribu," ujarnya.


Ia mengatakan, alasan penukaran uang untuk kebutuhan pribadi. Kemudian ada titipan dari kerabat yang juga ingin menukarkan uang.


"Aku pribadi untuk sendiri. Terus ada titipan juga dari teman-teman," sebutnya.


Seperti yang diketahui, sebelum pembukaan jam 10.00 WIB, ratusan orang sudah hadir untuk menukarkan uang. Untuk mendapatkan antrian lebih dulu, masyarakat bisa datang lebih pagi.


(ang/ang)