Ini 2 Pesawat Canggih Boeing yang Sering Bermasalah

Houston - Pesawat pabrikan Boeing sepertinya belum bisa lolos dari masalah dan insiden, seperti yang terjadi pada dua pesawat canggih 777 dan 787 Dreamliner.

Dua pesawat tersebut mengalami insiden dalam waktu yang berdekatan. Boeing 777 mengalami mati satu mesin saat mengudara, sementara 787 Dreamliner mengalami masalah pada pompa bahan bakar saat terbang.


Pesawat Boeing 777 milik United Airlines terpaksa terbang berputar dan mendarat darurat di Houston, Amerika Serikat (AS). Penyebabnya, salah satu mesin pesawat Boeing 777 itu tiba-tiba mati saat tengah mengudara ke Amsterdam, Belanda.


"Sebagai tindakan pencegahan, penerbangan dengan nomor 58 dari Houston menuju ke Amsterdam, terbang kembali ke IAH (Bandara Internasional Houston-red) karena awak pesawat menemukan masalah dengan salah satu mesin pesawat," ujar juru bicara United Airlines, Luke Punzenberger dalam pernyataannya seperti dilansir AFP, Jumat (19/7/2013).


Tidak ada korban luka maupun masalah lanjutan dalam insiden ini. Pesawat ini berhasil mendarat dengan selamat di bandara Houston pada Kamis sore waktu setempat. Pesawat itu mengangkut 223 penumpang dan 15 awak.


Pesawat jenis Boeing 777 ini juga pernah mengalami insiden saat melakukan pendaratan di bandara San Francisco, AS pada awal bulan ini. Pesawat milik maskapai Korea Selatan, Asiana Airlines itu jatuh saat hendak mendarat.


Insiden ini menewaskan 3 orang dan melukai lebih dari 180 orang lainnya. Penyebab insiden ini masih dalam penyelidikan otoritas setempat.


Sementara Boeing 787 Dreamliner yang baru saja kena masalah adalah miliak maskapai Jepang, Japan Airlines. Pesawat ini mengalami masalah pada pompa bahan bakar saat terbang. Akibatnya pesawat tujuan Tokyo, Jepang ini terpaksa terbang kembali ke Boston, AS


Japan Airlines (JAL) sendiri telah mengalami sejumlah masalah dengan pesawat Boeing 787 yang kembali digunakannya setelah sempat dikandangkan selama 4 bulan. Dalam insiden yang terjadi pada Kamis (18/7) waktu setempat ini, pesawat tujuan Tokyo terpaksa kembali ke bandara Boston setelah beberapa jam mengudara.


Pekan lalu, insiden lain menimpa Boeing 787 yang digunakan maskapai Ethiopian Airlines di bandara Heathrow, London, Inggris. Pesawat ini terbakar di landasan, namun untungnya pesawat dalam kondisi kosong saat kejadian.


Pemerintah Indonesia baru saja memesan satu 777 Business Jet yang akan digunakan untuk pesawat kepresidenan. Lihat penampakan pesawat yang akan digunakan Presiden SBY itu di sini.


(ang/dnl)