Siap-siap, Kemenkeu Butuh 9.000 PNS Baru Tahun Ini

Jakarta - Kementerian Keuangan membutuhkan 9.000 pegawai negeri sipil (PNS) baru, namun yang disetujui baru 3.600 PNS. Dari jumlah yang akan direkrut, terbanyak untuk Direktorat Jenderal (Ditjen) Pajak dan Ditjen Bea Cukai.

"Kita mengajukannya sekitar 9.000 pegawai, ya 8.900-an lah ke Kementerian PAN RB. Tapi yang baru disetujui 3.600 pegawai untuk tahun ini," ujar Sekretaris Jenderal Kemenkeu Kiagus Ahmad Badaruddin kepada detikFinance, Kamis (18/7/2013).


Dikatakan Badaruddin, dari 9.000 PNS yang akan direkrut Kemenkeu, sebanyak 3.300 diambil dari lulusan Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN).


"Ada 3.300 dari lulusan STAN kan tahun 2012, ada ikatan dinas, jadi tinggal sisa 5.600-an untuk luar. Kita juga masih ingin menambah PNS dari luar," jelasnya.


Badaruddin menambahkan, kebanyakan CPNS akan ditempatkan di Ditjen Pajak dan Ditjen Bea Cukai. Pasalnya, hal ini terkait dengan peningkatan penerimaan negara.


"Kebutuhan pajak untuk meningkatkan penerimaan pajak untuk capai target, termasuk juga Bea Cukai. Ada juga di Ditjen Anggaran dan hampir semua unit memerlukan tambahan tapi dikit-dikit," tambahnya.


Hal ini, lanjut Badaruddin, sebagai salah satu upaya untuk memperbaiki penerimaan negara, selain memperbaiki sistem IT, administrasi, dan modernisasi kantor.


"Di samping IT kita tetap bangun, administrasi, modernisasi kantor, perlu tambah SDM. Kita juga melakukan pendidikan terutama untuk pemeriksa pajak sangat diperlukan," tandasnya.


(nia/dnl)