Sofjan Wanandi: Pengusaha Rugi Miliaran Rupiah Per Hari di Tanjung Priok

Jakarta - Pemerintah terus berupaya untuk menangani lamanya waktu bongkar muat kontainer (dwelling time) di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara. Namun, para pengusaha tetap mengalami kerugian hingga miliaran rupiah per hari.

"Kalau kerugian itu miliaran tiap hari," kata Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Sofjan Wanandi di kantor Kemenko Perekonomian, Jakarta, Jumat (19/7/2013)


Ia menuturkan, kondisi dari Pelabuhan di Tanjung Priok masih belum kondusif. Saat ini masih ada 4.000 kontainer yang belum bisa keluar dari pelabuhan.


"Aduh, sekarang bahkan nggak bisa jalan. Itu barang mau dikeluarkan. Kita sepakat hari ini rapat dengan Pak Mahendra (Wakil Menteri Keuangan). Tadinya kita berharap 4.000 kontainer itu bisa dikeluarkan tapi tidak bisa ternyata karena macet, paling banyak 100 kontainer 1 hari," jelasnya.


Ia mengingatkan, setiap minggu ada 50.000 kontainer di Pelabuhan Tanjung Priok. Sehingga, jika tidak ditangani dengan cepat maka akan terus menumpuk.


"Kalau 4.000 kontainer 40 hari, bagaimana nanti lewat Lebaran. Tiap minggu itu kita ada 50 ribu kontainer masuk ke Tanjung Priok. Itu ketahan semua nggak bisa keluar," ucapnya.


(hen/hen)