Yusuf Mansur Ingin Beli Bank Mutiara dan Muamalat Pakai Dana Patungan

Jakarta - Ustadz Yusuf Mansur berencana membeli Bank Muamalat yang saat ini saham mayoritasnya dimiliki asing. Pembelian dilakukan agar umat Islam di Indonesia memiliki perbankan syariah milik sendiri.

Dananya bisa dihimpun dari sedekah umat Islam. Selain Bank Muamalat, Yusuf juga berniat mengakuisi PT Bank Mutiara Tbk yang dulu bernama Bank Century.


Menurut Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan, Yusuf sudah menceritakan ide-idenya itu kepadanya saat bertemu belum lama ini.


"Kenapa umat yang besar nggak punya Bank Syariah. Dia bilang mungkin nggak umat Islam Indonesia mengambil Bank Muamalat?" ucap Dahlan usai menemui delegasi Myanmar di Kementerian Pekerjaan Umum Jakarta, Kamis (18/7/2013).


Ide membeli Bank Muamalat ini telah ditindaklanjuti dengan pembentukan tim independen. Menurutnya, andaikata pembelian Bank Muamalat tidak bisa dilakukan, Dahlan kemudian menawarkan ide kepada Yusuf Mansur untuk mengakuisisi Bank Mutiara. Nantinya, eks Bank Century ini bisa diubah jadi bank syariah.


"Kalau sulit Bank Muamalat, kita beli Bank Mutiara, kita ubah jadi Bank Mutiara Indonesia. Daripada jatuh ke asing. Kalau kita kumpulkan 10 juta orang. Investasi Rp 500 ribu. Cicil Rp 100 ribu per bulan. Itu bisa terkumpul beli Bank Muamalat atau Bank Mutiara," kata Dahlan.


(feb/ang)