Nih, Flyover Baru yang Bisa Dipakai Saat Mudik 2013

Jakarta - Beberapa proyek Jembatan Layang (flyover) baru mulai bisa digunakan pada mudik tahun ini. Flyover itu tersebar di beberapa titik jalur mudik seperti sisi pantai utara (pantura) maupun jalur selatan.

Dikutip dari Kementerian PU Kamis (18/7/2013), Pertama, flyover Jombor di Sleman Yogyakarta sudah bisa dilalui pemudik saat musim mudik nanti. Progress pembangunan flyover tersebut sudah mencapai 80%.


Inspektur Jenderal (Irjen) Kementerian Pekerjaan Umum (PU) Bambang Goeritno mengatakan flyover dengan panjang 225 meter dan senilai Rp 114,9 miliar tersebut bisa dilalui pada H-10 lebaran tahun ini walaupun masih ada kendala terkait pembebasan lahan.


"Saya akan coba hubungi kepala dinas agar target penyelesaian pekerjaan ini sampai September bisa diselesaikan" ungkap Bambang.


Kepala Satker Balai Pelaksanaan Jalan Nasional V Wilayah DIY Heru Prayogo mengungkapkan dalam rangka menghadapi Lebaran tahun 2013, flyover di simpang 4 Jombor ini sudah dilakukan uji coba open traffic pada H-20.


"Semua lalu lintas dari arah barat (Purworejo) langsung naik flyover, yang ke arah Magelang langsung belok kiri, yang akan mau ke arah kota Yogya masuk jalan eksisting berputar di bawah masuk ke jalan Magelang ke arah selatan. Sedangkan dari arah sebaliknya dari arah Solo yang ke arah Purwerejo naik flyover," kata Heru.


Heru menambahkan flyover yang dikerjakan melalui kontrak tahun jamak dari tahun 2012 hingga 2014 tersebut difungsikan pada dua arah pada H-10. Sedangkan tingkat keselamatan sudah di uji dengan kecepatan 60/80 Km dengan kondisi tidak pada saat peak hours. Selain itu, penerangan segera di fungsikan namun sifatnya temporary.


Kedua, flyover Peterongan-Jombang, jembatan layang bertujuan menghindari persimpangan sebidang dengan kereta api. Kepala Satker Pelaksanaan Jalan Nasional Metropolitan II Surabaya Dwi Purtono mengungkapkan flyover senilai 89 miliar tersebut bisa dilewati pada 29 Juli 2013.


"Progress fisik flyover dengan panjang 680 meter sampai dengan saat ini sudah mencapai 90% sehingga kami optimis pada H-10 sudah bisa dilewati dan Oktober sudah bisa selesai" tutup Dwi.


Ketiga adalah flyover Kalibanteng di Jalur Pantura, Semarang kini sudah bisa dilalui kendaraan meski masih ada pengerjaan penyelesaian yang dilakukan. Flyover sepanjang 750 meter ini sudah dapat dilalui arus mudik. Saat ini, flyover tersebut sedang dalam masa ujicoba. Jembatan ini dapat menghubungkan Pelabuhan Tanjung Mas menuju Jakarta, dan Kota Semarang menuju Jakarta.


Proyek ini dikerjakan dengan anggran tahun jamak dengan total anggaran sebesar Rp 105 miliar.


(hen/dnl)