Susul Semen Indonesia, WIKA Mau Ekspansi ke Myanmar

Jakarta - PT Wijaya Karya Tbk (WIKA) tak mau kalah dari PT Semen Indonesia Tbk (SMGR) yang sudah lebih dulu ekspansi ke Myanmar. Pemerintah Myanmar mendorong BUMN Indonesia mengembangkan usaha di negaranya.

Hal tersebut ditandai dengan perjanjian kerja sama antara Kementerian Konstruksi Myanmar, bersama Kementerian Pekerjaan Umum (PU), Kementerian BUMN, dan Wijaya Karya.


"Mereka akan mengundang company dari Indonesia membantu bangun pabrik di sana. Pabrik semen, pabrik beton di sana. Tadi WIKA tandatangani kerja sama," kata Wakil Menteri PU Hermanto Dardak di kantor Kementerian Pekerjaan Umum, Kamis (18/7/2013).


Ia menjelaskan, sebagai bentuk tindak lanjut kerja sama ini, selama di Indonesia, pemerintah Myanmar pun akan menengok beberapa proyek infrastruktur di Indonesia.


"Beliau meihat Ring Road di Bogor, dan beberapa proyek termasuk airport di sana," katanya.


Sementara itu, Menteri Konstruksi Myanmar HE Kyaw Lwin mengatakan, banyak proyek potensial di Myanmar yang bisa digarap oleh perusahaan-perusahaan Indonesia.


"Saya sangat senang berada di sini, bisa berdiskusi dan bertukar pengalaman antara Indonesia dan Myanmar. Di Myanmar banyak proyek-proyek infastruktur juga perumahan," katanya.


(zul/ang)