Taspen Gandeng BTN Kelola Dana Pensiunan PNS

Jakarta - PT Bank Tabungan Negara Tbk melakukan kerjasama dengan Taspen dalam penyediaan pembayaran pensiun. Kerjasama ini sebagai salah satu upaya merealisasikan strategi pengelolaan dana murah.

"BTN terus berupaya untuk menggali perolehan sumber dana murah yang difokuskan pada dana lembaga. Strateginya dengan menggandeng Taspen. Pembayaran pensiunan ini dapat dilakukan secara elektronik," kata Direktur Utama BTN Maryono saat acara Penandatanganan Perjanjian Kerjasama Pembayaran Tabungan Hari Tua, di Kantor Taspen, Jakarta, Jumat (19/7/2013).


Dia mengatakan, kerjasama ini merupakan tindak lanjut dari rencana bisnis yang sudah direncanakan perseroan untuk melakukan sinergi sesama BUMN dalam pengembangan bisnisnya.


"Taspen sebagai pengelola dana para pensiunan di Indonesia tentu saja sangat strategis menjadi mitra bisnis Bank BTN. Dana para pensiunan yang jumlahnya sangat besar menjadi peluang bagi kami dalam perolehan dana pihak ketiga," ujarnya.


Maryono menambahkan, jika dilihat dari sejarahnya PNS dulu menyimpan uangnya di BTN. Dari uang yang disimpan di BTN itu, maka PNS dapat memiliki rumah melalui fasilitas KPR BTN.


"Obsesi kami ingin bagaimana PNS yang telah pensiun itu kembali ke BTN," ujarnya.


Sementara itu, Direktur Utama Taspen Iqbal Latanro mengatakan, Taspen sebagai badan usaha yang mengelola pembayaran pensiun pada tahun 2013 sesuai data jumlah pensiunan bulanan yang disiapkan oleh Taspen sekitar Rp 57,5 triliun per tahun atau sekitar Rp 4,7 triliun per bulan.


Selain itu, pada tanggal 18 Juli 2013 serentak membayarkan pensiun ke-13 bagi 2,3 juta lebih pensiunan dengan total pembayaran sekitar Rp 4,6 triliun.


Sampai dengan Juli 2013, pensiunan yang dibayarkan melalui mitra bayar BTN masih sekitar 5 ribu pensiunan dengan jumlah pelayanan pensiun bulanan sebesar Rp 11,4 miliar.


(dru/dru)