Bank Mandiri Siapkan Gerbang Tol Otomatis di Atas Laut Bali

Jakarta - PT Bank Mandiri Tbk siap mengimplementasikan Gardu Tol Otomatis (GTO) di tol atas laut Bali. Menggunakan Mandiri Prabayar (e-Money) nantinya masuk tol atas laut Bali memiliki gerbang khusus.

"Mulai Agustus 2013, Mandiri e-Money juga dapat dinikmati masyarakat Bali seiring dengan akan diimplementasikannya sistem pembayaran Bali Tol (tol pertama di Indonesia yang dibangun di atas laut) menggunakan kartu Mandiri e-Money," ungkap Bank Mandiri dalam keterangannya seperti dikutip dalam siaran pers, Minggu (21/7/2013).


Direktur Micro and Retail Banking Bank Mandiri Hery Gunardi menjelaskan e-Money sudah bisa digunakan di 13 ruas tol.


"Kartu Mandiri e-money (e-money Card, e-Toll Card, Indomaret Card, Gaz Card) juga dapat digunakan di 13 ruas tol, dengan jumlah gardu pembayaran mencapai 811 gardu tol," ujar Hery.


Ke-13 ruas tol tersebut meliputi, ruas tol Cawang – Tomang – Cengkareng, Cawang – Tanjung Priok – Pluit, Cikupa – Anyer, Jakarta Outer Ring Road (JORR), Jakarta Lingkar Barat Satu (JLB), Bogor Outer Ring Road (BORR), Jakarta – Cikampek (gerbang Pondok Gede – Cikarang), Jagorawi (gerbang Taman Mini – Cibubur), Jakarta – Tangerang, Palikanci, Semarang, Surabaya-Gempol dan ruas Belawan-Medan-Tanjung Morawa (Belmera).


Khusus untuk pembayaran tol, Bank Mandiri juga telah mengembangkan layanan e-Tollpass dengan menggunakan perangkat On Board Unit (OBU). Dengan layanan ini, pengguna dapat membayar tol tanpa perlu berhenti dan membuka kaca mobil, tetapi cukup melintasi gerbang tol bertanda e-Tollpass. Saat ini, terdapat 50 Gardu Tol Otomatis (GTO) yang bisa melayani transaksi e-Tollpass dan jumlah GTO/e-Tollpass ditargetkan akan menjadi 111 buah hingga akhir 2013.


Saat ini penjualan OBU e-Tollpass masih dilakukan melalui toko online (tokone.com, dinomarket.com, blibli.com dan bhinneka.com). namun, untuk meningkatkan penetrasi penggunaan layanan e-tollpass, mulai Oktober 2013 perangkat OBU akan dijual di Cabang Bank Mandiri, merchant ritel, toko variasi mobil dan bengkel-bengkel.


(dru/dru)