5 Tips Aman Menjaga Uang Anda Saat Mudik

Jakarta - Tidak terasa Hari Raya Idul Fitri akan segera tiba. Tradisi mudik pun sudah menjadi agenda rutin bagi setiap warga Jakarta. Ada baiknya, uang yang Anda peroleh baik dari hasil menabung atau pun Tunjangan Hari Raya (THR) perlu direncanakan sebaik mungkin penggunaannya.

Ini dia tips keuangan dari Perencana Keuangan ZAP Finance Prita Hapsari Ghozie ini seperti dikutip dari situs resminya, Rabu (7/8/2013) yang akan membantu Anda menjaga keuangan aman dan nyaman saat mudik.


1. Membuat Rencana Pengeluaran

Untuk memastikan keuangan terkendali, buatlah rencana pengeluaran mulai hari ini hingga H+7 lebaran. Sediakan dananya di rekening tabungan operasional Anda.


2. Aktifkan dan Gunakan Fasilitas e-banking

Daripada membawa uang tunai, lebih baik Anda melakukan proses transfer antar bank. Aktifkan fitur mobile banking yang akan memudahkan Anda bertransaksi meski pun tidak ada mesin ATM.


3. Pisahkan Fisik Penyimpanan Uang

Tidak ada yang lebih menakutkan daripada kehilangan dompet dan barang berharga lainnya. Oleh sebab itu, pisahkan fisik uang Anda di tiga tempat, dompet, amplop di tas, dan amplop di koper. Apabila terjadi kehilangan, maka risikonya terbagi.


4. Memiliki Asuransi

Asuransi kendaraan untuk Anda yang mudik dengan transportasi darat wajib dimiliki untuk menghindari kerugian finansial jika terjadi musibah. Selain itu, miliki juga asuransi perjalanan jika Anda menggunakan layanan pesawat terbang, kereta api, atau kapal laut.


5. Pindahkan Sebagian Dana Darurat

Untuk Anda yang menyimpan dana darurat di emas, reksa dana, atau deposito, pastikan Anda mencairkan dan memindahkan sebagian saldonya di tabungan khusus untuk Dana Darurat. Momen libur lebaran yang bisa mencapai 7 hari akan menyulitkan Anda untuk bertransaksi apabila kebutuhan dana tunai muncul mendadak.


(dnl/dnl)