Obama Jagokan Dua Kandidat Pengganti Bernanke

Jakarta - Presiden AS Barack Obama menyatakan dua kandidat Gubernur Bank Sentral AS atau Federal Reserve (The Fed) Janet Yellen dan Larry Summers keduanya kompeten untuk menggantikan Gubernur The Fed Bernanke yang akan berakhir masa jabatannya Januari 2014.

Menurutnya kedua kandidat tersebut cocok untuk mengemban tugas bank sentral AS antaralain mengendalikan inflasi dan meningkatkan lapangan pekerjaan.


"Gubernur The Fed tak hanya seorang yang membuat kebijakan penting di AS, dia adalah seorang pembuat kebijakan yang paling penting di dunia," kata Obama dikutip dari AFP, Minggu (11/8/2013)


Obama menegaskan pentingnya tanggungjawab seorang gubernur The Fed antaralain mendorong perekonomian AS tumbuh cepat, tangguh dan berkelanjutan sehingga banyak orang di AS bisa mendapat lapangan pekerjaan.


"Kriteria paling utama dari saya untuk gubernur The Fed, seseorang yang mengerti terhadap tugasnya. Antaralain menjaga inflasi, kebijakan moneter dan dolar," katanya.


Obama juga mengatakan tantangan lainnya masih banyak warga AS yang menganggur karena PHK, bahkan telah menganggur dalam waktu yang lama.


"Saya kira Larry Summers dan Janet Yellen merupakan kandidat yang sangat kompoten,"katanya.


Seperti diketahui orang nomor satu di AS itu akan mencalonkan pengganti Bernanke segera pada September nanti.


(hen/hen)