Lalu Lintas di Dalam dan Luar Pelabuhan Priok Mulai Lengang

Jakarta - H-2 lebaran, lalu lintas di Kawasan Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara terlihat lengang. Jalan-jalan terlihat sepi bahkan truk kontainer bisa memacu kendaraan dengan leluasa.

Pantauan detikFinance, Selasa (6/8/2013) di dalam kawasan Pelabuhan Tanjung Priok, aktifitas sedikit meningkat di Terminal 3 Penumpang Pelabuhan Tanjung Priok. Para pemudik yang menggunakan jasa kapal laut mulai memadati dan memasuki Terminal 3.


Sementara itu arus bongkar muat dan distribusi kontainer dari Jakarta International Container Terminal (JICT) yang ada di Jalan Pasoso terlihat cukup sepi. Selain itu, gerbang pintu masuk kantor Pelindo II pun ditutup. Namun beberapa importir terlihat memasuki Kantor Pelayanan Utama (KPU) Bea Cukai Tanjung Priok Jakarta Utara.


Kepala Humas PT Pelindo II (persero) Sofyan Gumelar mengakui peningkatan arus bongkar muat dan distribusi kontainer menjelang hari raya lebaran memang sangat minim. Hal ini dipicu karena banyaknya perusahaan (ekspor-impor) yang tutup karena ditinggal karyawannya mudik.


"Biasanya kegiatan bongkar muat kargo dan lain-lain tidak optimal menjelang hari raya," kata Sofyan kepada detikFinance.


Sepinya lalu lintas kendaraan tidak hanya terjadi di dalam kawasan Pelabuhan Tanjung Priok namun di luar. Jalan Yos Sudarso yang menuju ke Cilincing hingga ke Marunda Jakarta Utara terlihat sangat sepi. Proyek pengerjaan jalan tol pelabuhan yang biasa menjadi penyebab kemacetan juga dihentikan karena ditinggal para pekerja yang melakukan mudik.


(wij/dru)