Antisipasi Lonjakan Pemudik di Bandara, JAS Airport Services Tingkatkan Layanan

Jakarta - PT Jasa Angkasa Semesta Tbk (JAS Airport Services), operator groundhandling sejumlah bandara di Indonesia, meningkatkan layanan groundhandling, passenger handling, dan kargo handling secara optimal di Bandara Soekarno-Hatta Jakarta. Hal ini dilakukan guna mendukung kelancaran arus mudik lebaran tahun ini.

Menurut Chief Executive Officer (CEO) JAS Adji Gunawan, perseroan telah berkoordinasi dengan PT Angkasa Pura II selaku operator bandara dan sejumlah maskapai, dalam mengantisipasi melonjaknya jumlah penumpang, penambahan kargo dan frekuensi penerbangan.


Optimalisasi berbagai layanan tersebut meliputi layanan keberangkatan dan kedatangan penumpang (Airport Special Assistance), seperti: check in counter, boarding gate dan baggage conveyor belt.


JAS Airport Services juga telah berkoordinasi dengan sejumlah maskapai dalam mengantisipasi pembelian tiket di bandara. Dengan berbagai persiapan tersebut diharapkan proses keberangkatan dan kedatangan penumpang di Bandara Soekarno-Hatta saat arus mudik dapat berjalan lancar.


"JAS Airport Services berkomitmen memberikan layanan yang optimal dalam mendukung arus mudik pada lebaran tahun ini. Untuk itu, kami akan melakukan penambahan back up staff sebanyak 15 orang dan menyesuaikan pola kerja mereka dalam mendukung arus penumpang dan kargo di bandara," ujar Adji dalam siaran persnya, Selasa (6/8/2013).


Penambahan staff tersebut juga dilakukan untuk mengantisipasi penambahan frekuensi penerbangan sejumlah maskapai internasional pada arus mudik lebaran kali ini. Berdasarkan data yang diterima JAS Airport Service, sejumlah maskapai akan menambah frekuensi penerbangannya, yakni: Singapore Airlines sebanyak 17 penerbangan, Cathay Pacific 10 penerbangan dan Eastern Australia Airlines dua penerbangan ke Jakarta.


Untuk memberikan rasa nyaman dan aman kepada penumpang, JAS Airport Services akan menyediakan tambahan makanan dan minuman selama peak hour, di lounge yang dikelola perseroan. Perseroan juga melakukan peningkatan pengamanan kegiatan di area check in, boarding gate, aircraft gate hingga baggage make-up area.


"Untuk mendukung kelancaran arus kargo, perseroan melakukan penambahan peralatan pendukung, seperti forklift, serta membentuk task force yang siaga 24 jam hingga pelayanan over time," imbuh Adji.


Khususnya untuk mengantisipasi arus mudik di Sumatra Utara, JAS Airport Services telah melayani kegiatan groundhandling, passenger handling, dan kargo handling di Bandara Kualanamu, Deli Serdang, seiring beroperasinya bandara tersebut pada 25 juli 2013. Bahkan, perseroan telah mendapat kepercayaan dari operator Bandara Kualanamu, yaitu PT. Angkasa Pura II (PERSERO), untuk mengoperasikan Terminal Kargo Internasional di bandara tersebut.


Market share layanan Kargo Internasional JAS Airport Services di Bandara Kualanamu saat ini berkisar 15% dari total kargo yang dilayani di Terminal Kargo Kualanamu. Namun, perseroan optimistis volume kargo Internasional di Bandara Kualanamu yang ditetapkan PT. Angkasa Pura II (PERSERO) sebagai HUB akan cepat berkembang di masa yang akan datang.


(dru/dnl)