Hyundai Bangun Pembangkit Listrik Rp 31 Triliun di Arab Saudi

Seoul - Perusahaan asal Korea Selatan (Korsel), Hyundai Heavy Industries (HHI) menang tender senilai US$ 3,3 miliar (Rp 31 triliun) untuk membangun pembangkit listrik tenaga uap (PLTU) di Arab Saudi.

Dalam perjanjian yang ditandatangani perusahan dengan Saudi Electricity Co., pembangkit tersebut diharapkan rampung 2017 mendatang dengan kapasitas 2.640 megawatt (MW). Pembangkit listrik ini terletak 135 km di sebelah utara kota Jizan.


Selama ini HHI lebih dikenal sebagai produsen kapal, tapi perusahaan Korsel itu juga bisa membangun kontruksi pembangkit listik tenaga batubara dan air. Oktober tahun lalu, perusahaan ini sudah menang tender senilai US$ 3,2 miliar untuk membangun pembangkit listrik tenaga panas bumi di dekat Jeddah.


"Meski ekonomi global melambat, wilayah Timur Tengah masih terus berinvestasi besar-besaran di sektor infrastruktur berkat tingginya harga minyak sehingga pertumbuhan ekonominya stabil," kata Hyundai seperti dikutip AFP, Kamis (8/8/2013).


"Kami mengharapkan masih akan banyak pesanan dari pemerintah Saudi di masa mendatang, karena mereka memprioritaskan menambah kapasitas listrik dan instalasi air," tambahnya.


(ang/dnl)