Ini Pesan Agus Marto untuk Manajemen Bank Mutiara

Jakarta -Gubernur Bank Indonesia (BI) Agus Martowardojo memberikan pesan khusus kepada Bank Mutiara yang dulu bernama Bank Century yang dinilainya berdampak sistemik.

"Yang dipesankan BI ke manajemen Bank Mutiara adalah untuk terus melakukan pengelolaan bank secara profesional, menunjung asas kehati-hatian," ujar Agus saat ditemui di Gedung BI, Jakarta, Selasa (31/12/2013).


Dia menjelaskan, pihaknya juga menegaskan kepada perbankan untuk memprioritaskan penanganan kasus-kasus kredit macet sebagai salah satu penyebab kerugian perbankan.


"Kualitas kreditnya dijaga karena ada beberapa debitur bermasalah kiranya ini dijadikan prioritas untuk ditangani," kata Agus.


"Debitur-debitur bermasalah yang sebagian besar yang lama dan kemudian disehatkan lalu setelah beberapa tahun sehat dan kemudian kembali bermasalah ini harus dijadikan prioritas untuk ditangani agar kondisi keuangan tidak menjadi berat," jelasnya.


Untuk itu, kata dia, pihaknya juga bersama OJK perlu mengawasi secara khusus dan terintegrasi untuk mengantisipasi terjadinya kasus seperti Bank Century.


"Asas transparansi harus dijaga baik supervisi bank di BI maupun di OJK. Menyampaikan laporan keuangan secara berkala dan yang diaudit secara independen," kata dia.


Namun, Agus menyebutkan, kondisi keuangan Bank Mutiara saat ini sudah terpantau baik.


"Tapi pada kuartal keempat 2013 sudah dilakukan upaya perbaikan termasuk perkuatan permodalan. Secara keuangan dapat dikatakan sudah masuk dalam kategori keuangan yang lebih baik dibandingkan dengan kalau dilaporkan kuartal III ada penurunan," cetusnya.


(drk/dru)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!