Di Manakah Kota dengan Biaya Hidup Tertinggi dan Terendah?

Jakarta -Badan Pusat Statistik (BPS) merilis hasil survei biaya hidup (SBH) 2012 di perkotaan Indonesia. Ini adalah survei yang dilakukan dalam setiap 5 tahun dari 82 kota di 33 ibukota provinsi dan 49 kabupaten/kota.

Biaya hidup terbesar adalah di Jakarta dengan Rp 7,5 juta per rumah tangga per bulan. Angka tersebut naik dari 5 tahun sebelumnya yang sebesar Rp 5,05 juta per rumah tangga per bulan.


"Jakarta merupakan kota dengan biaya hidup (nilai konsumsi RT) tertinggi yaitu Rp 7,5 juta," ungkap Kepala BPS Suryamin di kantornya, Jakarta, Kamis (2/1/2013)


Sementara itu untuk biaya hidup terendah adalah Kota Banyuwangi, Jawa Timur. Dimana untuk satu keluarga, hanya membutuhkan uang sebesar Rp 3 juta per bulannya.


"Banyuwangi merupakan kota dengan biaya hidup terendah, yakni Rp 3 juta per bulannya untuk satu rumah tangga," ujarnya.


Secara rata-rata biaya hidup per rumah tangga per bulan di Indonesia adalah sebesar Rp 5,6 juta. Komponen terbesar adalah makanan, baik itu bahan makanan maupun makanan jadi.


Bahan makanan memiliki andil 35,04%, kemudian untuk makanan jadi, minuman, rokok dan tembakau adalah 16,19%. Di samping itu perumahan, air listrik, gas dan bahan bakar 25,37%, dan transportasi, komunikasi dan jasa keuangan 19,15%.


(mkl/hen)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!