4,7 Juta Warga Spanyol Masih Menganggur

Madrid -Jumlah pengangguran di Spanyol sudah mulai berkurang meski secara total masih tinggi, yaitu sebanyak 4,7 warga tidak punya pekerjaan. Bulan Desember lalu jumlahnya berkurang 107.570 orang.

Perdana Menteri Spanyol Mariano Rajoy menilai berkurangnya tingkat pengangguran ini menjadi sinyal berhasilnya reformasi yang dilakukan pemerintah negara dengan ekonomi terbesar keempat di Eropa tersebut.


Berdasarkan data Kementerian Tenaga Kerja Spanyol, sepanjang 2013 ada 147.385 orang yang mendapatkan pekerjaan dan tak lagi menganggur. Tahun 2013 lalu menjadi pertama kalinya tingkat pengangguran di Spanyol bisa berkurang.


"Ini merupakan hasil yang baik dan mendorong kami untuk terus berupaya melakukan pemulihan ekonomi dan tingkat pengangguran di 2014," kata Menteri Tenaga Kerja Spanyol Engracia Hidalgo seperti dikutip dari AFP, Sabtu (4/1/2013).


Pada triwulan III-2013 Spanyol berhasil keluar dari resesi panjang dengan pertumbuhan ekonomi 0,1%. Tapi pada saat itu tingkat penganggurannya masih mencapai 25,98%.


(ang/ang)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!