Satu Lot Jadi 100 Lembar Pekan Depan, BEI Lakukan Uji Coba

Jakarta -Bursa Efek Indonesia (BEI) akan melakukan uji coba terakhir pelaksanaan perubahan satuan perdagangan dari 500 menjadi 100 saham per lot.

Direktur Perdagangan dan Pengaturan Anggota BEI Samsul Hidayat memastikan jika aturan baru tersebut akan efektif pada 6 Januari 2014.


"Mulai efektif 6 Januari. Testingnya pra-live besok hari Sabtu, itu hanya testing operasional terakhir. Waktunya seharian sama seperti perdagangan biasa. Sebelumnya enam kali percobaan, ini pra live yang ketujuh sejak kuartal keempat 2013," jelas Samsul di Jakarta, Jumat (3/1/2014).


Dia menjelaskan, seluruh Anggota Bursa (AB) sudah setuju dan siap dengan perubahan aturan baru tersebut. "Semua AB kan sudah beri pernyataan bahwa sudah pada siap," katanya.


Samsul menyebutkan, selama ini pihaknya sudah melakukan sosialisasi kepada para anggota bursa terkait aturan baru ini. Hal ini dilakukan agar mereka siap jika nantinya sistem ini diterapkan.


"Sudah kami iklanin enam kali, pokoknya sudah dikasih tahu semua lah. Sudah beriklan di 3 koran selama 6 hari berturut-turut," kata Samsul.


Dia menambahkan, perubahan peraturan tersebut dilakukan untuk semakin menjadikan pasar modal Indonesia lebih likuid. Dengan jumlah lot yang semakin kecil, memungkinkan investor ritel bisa ikut masuk berinvestasi di pasar modal.Next


(drk/ang)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!