Proyek Monorel Jakarta Mandek 2 Bulan Pasca Ground Breaking

Jakarta -Provinsi DKI Jakarta saat ini memiliki 2 proyek transportasi super modern yakni MRT Jakarta dan Monorel Jakarta. Bagaimana perkembangan proyek transportasi itu?

Dari pantauan detikFinance, proyek MRT Jakarta tahap I rute Lebak Bulus-Bundaran Hotel Indonesia (HI) masih dikerjakan para kontraktor asal Indonesia dan Jepang. Meski lambat, PT MRT Jakarta mengklaim moda ini bisa beroperasi dan dinikmati warga Jakarta pada Semester I 2018.


Lantas bagaimana perkembangan proyek Monorel Jakarta yang dikelola PT Jakarta Monorail. Pada lokasi ground breaking atau peletakan batu pertama proyek monorel Jakarta di daerah Kuningan atau di dekat Hotel Four Seasons Jakarta Selatan tampak tidak ada aktivitas kontruksi pasca ground breaking pada 16 Oktober 2013 lalu.


Kontraktor pada proyek ini adalah China Communication Construction Company Ltd (CCCC) dan PT Waskita Karya Tbk (WSKT). Direktur Waskita Karya M Choliq menjelaskan proses kontruksi proyek Monorel Jakarta praktis terhenti sekitar 2 bulan lebih hingga saat ini.


Menurutnya Waskita yang bertindak sebagai sub kontraktor masih menunggu design atau rancangan proyek monorel dari kontraktor utama asal China.


"Jadi masih tunggu design dari China. Pekerjaan kontraktor praktis berhenti sekitar 2 bulan," kata Choliq kepada detikFinance Sabtu (4/1/2014).


Namun Choliq tidak bisa memastikan kapan proses kontruksi bisa dimulai kembali. "Saya nggak tahu, Waskita kan sebagai sub kontraktor," jelasnya.Next


(feb/ang)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!