Pengusaha Katering Bingung Harga Elpiji 12 Kg Melonjak

Jakarta -Harga gas elpiji 12 kg di Bandung, Jawa Barat mencapai Rp 137.000/tabung atau naik tajam dari harga sebelumnya sekitar Rp 85.000/tabung. Bagi pengusaha makanan skala kecil seperti katering, kenaikan harga ini cukup membingungkan.

Tini Rustini, seorang ibu rumah tangga yang juga menjalankan usaha berjualan katering dan masakan di Bandung, mengaku sangat terpukul dengan kenaikkan ini. Ia harus memutar otak bagaimana caranya menyikapi kenaikkan harga elpiji 12 Kg.


"Jadi bingung, saya kan dagang, jadi bingung mau jual berapa. Kalau harga dagangan saya dinaikkan takut pada nggak mau beli," kata Tini kepada detikFinance, Kamis (2/1/2014).


Tini mengaku sebagai pelanggan gas elpiji 12 kg, belum berencana pindah ke elpiji 3 kg walaupun harganya lebih murah. "Elpiji 3 kg juga pakai, tapi cuma 1 tabung, sedangkan yang 12 kg ini punya 3 tabung," tambahnya.


Ia mengaku sangat terbebani karena gas merupakan kebutuhan sehari-hari untuk bisnisnya. Meski demikian, Tini akan terus menggunakan elpiji 12 Kg meski harganya mahal. Caranya ukuran atau porsi makanan yang dijualnya akan dipangkas.


"Yang pasti harganya tidak mungkin dinaikkan, tapi mungkin porsinya saja yang akan dikurangi," katanya.


(zul/hen)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!