Kisruh Elpiji 12 Kg Seperti Kasus Bank Century Jilid Dua?

Jakarta -PT Pertamina mengklaim mengalami kerugian dalam menjual elpiji 12 kg beberapa waktu terakhir. Kerugian Pertamina ini dianggap merupakan kerugian negara dan dinilai seperti kasus Bank Century jilid ke-2.

Pengamat Ekonomi dan Kebijakan Publik, Agus Pambagio mengatakan kerugian Pertamina dalam menjual gas elpiji 12 kg sudah sangat tinggi. Meski menurutnya belum ada data yang pasti berapa besaran kerugian yang diterima Pertamina, tapi menurutnya kerugian ini berpotensi menjadi kerugian negara lebih tinggi dari kerugian negara di kasus Century.


"Century yang Rp 6,7 triliun itu saja sudah jadi masalah," kata Agus kepada detikFinance, Minggu (5/12/2013).


Menurut Agus, dalam UU BUMN dan UU lainnya, Pertamina merupakan sebuah korporasi yang ketika mengalami kerugian, maka harus ada pergantian manajemen atau perusahaan tersebut ditutup.


"Karena kalau rugi itu kan bisa jadi kerugian negara," ujarnya.


Pertamina menurutnya adalah sebuah BUMN yang mana tidak boleh dibiarkan merugi. Agus merinci Pertamina telah mengalami kerugian dengan menjual gas elpiji sekitar Rp 5 ribu lebih per kg dalam 4 tahun terakhir.


"Bisa dibayangkan berapa tabung yang sudah dijual dan rugi berapa. Sebuah korporasi itu tidak boleh rugi, ketika dia rugi ganti manajemennya atau tutup perusahaannya. Pertamina itu Persero di mana tidak mendapatkan APBN, dia harus beroperasi dengan biaya sendiri. Kalau kerugian pertamina itu dibiarkan oleh negara itu sama saja Presiden mengizinkan perusahaan untuk merugi," paparnya


Agus menilai kerugian yang diterima Pertamina ini cenderung dibiarkan oleh pemerintah. Dikatakan dia lebih lanjut, Pertamina sebagai BUMN dan perusahaan energi pastinya telah melapor pada kementerian terkait, namun pada akhirnya seolah Pertamina menaikkan harga secara tiba-tiba.


"Harusnya itu ada izinnya ke Menteri BUMN atau ESDM," tegas Agus.


(zul/dru)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!